Hari Terakhir PPDB SMA Jalur Rapor di Kota Cirebon, Skor Masih Janggal, Orang Tua Waswas

Hari Terakhir PPDB SMA Jalur Rapor di Kota Cirebon, Skor Masih Janggal, Orang Tua Waswas

CIREBON – Sejumlah orang tua mengaku waswas, lantaran jalur prestasi nilai rapor PPDB Jabar 2021 terlihat janggal. Masih ada siswa dengan skor ribuan.

Adanya skor tidak wajar tersebut terlihat di semua SMAN di Kota Cirebon. Terlihat ada siswa dengan skor di atas 800, bahkan 900 hingga lebih dari 1.000.

Padahal, mengikuti rumus yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, skor setinggi itu jelas tidak memungkinkan.

“Kemarin ramai soal skor nilai rapor, tapi sekarang masih ada yang begitu,” ujar salah satu orang tua siswa, kepada radarcirebon.com, Jumat (11/6/2021).

Dia mempertanyakan bagaimana mekanisme verifikasi yang nantinya akan dilakukan oleh sekolah tujuan.

“Ya deg-degan, belum tenang. Anak saya rangkingnya nggak pernah keluar dari 10 besar saja, nilainya cuma 600-an. Ini kok ada yang 800, 900, 1.000, malah ada yang lebih gede lagi,” ungkapnya.

Diungkapkan dia, menggunakan rumus yang dipakai Disdik Jabar, seharusnya skor nilai rapor siswa tidak melebihi 700.

Sebab, mata pelajaran yang dihitung hanya 7, dan itupun yang dianggap kategori A saja. Atau yang utama.

“Katanya kemarin ada penjelasan itu di operator SMP asal, nah terus di SMA yang tuju bagaimana nanti verifikasinya?” tanya dia.

Dari pantauan radarcirebon.com di Website PPDB Jabar Cabang Dinas Wilayah X yang mencakup Kabupaten Kuningan, Cirebon dan Kota Cirebon, nampak perkara skor ini masih menunjukkan kejanggalan.

Dari SMAN 1 sampai 9 di Kota Cirebon, masih terdapat banyak calon siswa dengan skor tidak wajar. Bahkan di SMAN 6 Kota Cirebon, ada yang skor-nya 44.825,83.

Adapun PPDB jalur prestasi atau nilai rapor berakhir hari ini. Dan akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan.

Sedangkan untuk jalur zonasi dimulai pada 25 Juni hingga 1 Juli 2021. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: